Uncategorized

Anjuran Pakar Soal Masakan Berbuka Super Sehat Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil perlu menjaga kecukupan nutrisi termasuk dikala puasa (Foto: iStock) Ibu hamil perlu menjaga kecukupan nutrisi termasuk dikala puasa (Foto: iStock)

Jakarta – Makanan berbuka yang sangat bermacam-macam belum tentu juga menyehatkan untuk tubuh. Saat berbuka puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para ibu hamil semoga tetap sehat selama Ramadhan dan juga memperkuat janin dalam perut.

Agar berbuka puasa lebih menyehatkan, Kepala Departemen Maternitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, ns Dr Imami Nur Rachmawati, SKp, MSc menawarkan saran makanan untuk berbuka puasa bagi ibu hamil dan makanan apa uang harus dihindari.

Wanita yang erat disapa dr Imami ini menyarankan untuk membuka puasa dengan segelas air putih dan tiga buah kurma untuk mengembalikan kadar gula kembali normal. Lalu dapat dilanjut dengan susu skim atau tanpa lemak dan juga sup atau sayur bening, contohnya menyerupai sayur bayam.

“Lalu sesudah salat Magrib biasanya makan berat. Perhatikan ya jikalau dalam sepiring itu kita spare ino lauknya, yang hewani, ini lauk yang nabati, ini sayur, ini nasinya. Kalau kebanyakan nasinya, atau ada banyak sayur rebusan, tapi protein hewaninya mana? Makara piring itu penuhnya bukan salah satunya aja,” ungkapnya dalam program Bicara Sehat Tips dan Trik Puasa Aman bagi Ibu Hamil di Rumah Sakit UI Depok, Rabu (15/5/2019).

Makanan yang dianjurkan oleh dr Imami untuk makanan berat contohnya salad, urap, pecel untuk sumber sayuran, lalu ayam atau ikan untuk protein hewani, tempe, tahu dan jamur untuk sumber protein nabati. Karbohidrat juga disarankan untuk memakai yang kompleks menyerupai nasi merah, roti gandum utuh, kentang maupun jagung.

“Orang biasa mungkin habis buka makan udah terus tidur gitu ya. Tapi jikalau ibu hamil harus tiga kali makan, bahkan jikalau ibu menyusui harus empat kali. Ibu hamil jikalau mau tidur minum susu lagi ya, susu protein tambah buah lagi. Makara tetep tiga kali makannya.”

Ada beberapa makanan yang perlu dihindari ibu hamil dikala berbuka, terutama yang memakai santan. Misalnya saja tersedia kolak pisang untuk berbuka, sangat dianjurkan untuk menghindarinya.

Kemudian minuman yang mengandung kafein juga harus dihindari, menyerupai teh ataupun kopi. Jika terbiasa berbuka puasa dengan teh manis, mungkin dapat diganti dengan air rebusan kacang hijau yang manfaat kesehatannya lebih besar.

“Jangan sia-siakan waktu kita untuk memakan makanan yang tidak bermanfaat untuk badan kita,” pungkasnya.

Related Articles

Close