Security

Awas! 6 Aplikasi Terkenal Google Play Store Tertangkap Lembap Curang

Foto: detikINET/Anggoro Suryo JatiFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

JakartaGoogle menarik sejumlah aplikasi terkenal dari Play Store sesudah pemeriksaan dari BuzzFeed News. Aplikasi-aplikasi ini terciduk berbuat curang.

Enam dari aplikasi tersebut dikembangkan oleh DU Group, pengembang yang dulunya merupakan penggalan dari Google-nya China, Baidu. Yang mengkhawatirkan, keenam aplikasi ini terhitung cukup terkenal dan sudah diunduh lebih dari 90 juta kali oleh pengguna.

Keenam aplikasi tersebut yaitu Selfie Camera, Total Cleaner, Smart Cooler, RAM Master, AIO Flashlight, dan Omni Cleaner. Dari keenam aplikasi tersebut, Selfie Camera merupakan aplikasi yang paling terkenal dan sudah diunduh lebih dari 50 juta kali.


Keenam aplikasi ini dianggap curang oleh peneliti dari Check Point sebab mempunyai code yang menciptakan aplikasi ini secara otomatis meng-klik iklan yang muncul, tanpa sepengetahuan pengguna.

Bahkan klik otomatis ini juga tetap berjalan walaupun pengguna tidak membuka aplikasi secara langsung. Praktik ini tentu saja tidak hanya menguras baterai smartphone milik pengguna tapi juga data mereka.

“Kami secara eksplisit melarang penipuan iklan dan penyalahgunaan di Google Play. Pengembang diwajibkan untuk mengungkap pengumpulan data pribadi dan hanya memakai izin yang diharapkan untuk menjalankan fitur dalam aplikasi,” kata juru bicara Google kepada BuzzFeed News, menyerupai dikutip detikINET, Senin (22/4/2019).

Aplikasi Selfie Camera juga termasuk salah satu yang melaksanakan pelanggatan paling banyak. Selain “nakal” dalam melaksanakan “ad fraud”, mereka juga melaksanakan “download fraud” di mana aplikasi tersebut memonitor aplikasi lain di smartphone.

Jika aada aplikasi yang gres diinstal, Selfie Camera akan mengunggah informasi yang mengklaim bahwa mereka yang mendorong diunduhnya aplikasi gres ini dan menipu pengembang untuk membayar mereka. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai code yang tugasnya untuk memonitor baterai, CPU dan melihat situs eksternal.

Selain enam aplikasi milik DU Group, pemeriksaan BuzzFeed juga menemukan lebih banyak lagi aplikasi yang praktek iklannya juga berbuat curang. Pengguna pun disarankan untuk lebih berhati-hati sebab aplikasi yang berada di Play Store atau App Store bukan berarti kredibilitas sepenuhnya.


Awas! 6 Aplikasi Populer Google Play Store Ketahuan Curang

Related Articles

Close