Uncategorized

Didiagnosis 4 Penyakit Langka, Gadis Ini Tidak Dapat Makan

Ilustrasi seorang gadis mengidap 4 penyakit langka. Foto: iStock Ilustrasi seorang gadis mengidap 4 penyakit langka. Foto: iStock

Jakarta – Seorang gadis asal Kent, Inggris kesulitan makan masakan padat lantaran kondisi yang melumpuhkan organ dan pembuluh darahnya. Namanya Grace Jackson-Matthew (14) yang mengidap empat penyakit langka semenjak September lalu.

Dikutip dari Daily Mail, Grace didiagnosis median arcuate ligament syndrome (MALS), sindrom arteri mesenterika superior (SMAS), sindrom May-Thurner, dan sindrom Nutcracker.

MALS disebabkan oleh ligamen yang menekan arteri pemasok darah ke perut, hati, dan saraf di perut. SAMS sanggup menjadikan usus tersumbat lantaran penggalan dari usus kecil terjepit di antara dua arteri.

Sementara sindrom May-Thurner yaitu suatu kondisi di mana vena iliaka, yang mengalir melalui selangkangan ke kaki, dikompresi dan mengalami nyeri dan bengkak. Dan sindrom nutcracker ginjal terjadi dikala arteri menekan vena yang keluar dari ginjal.

Kombinasi penyakit tersebut menciptakan Grace benar-benar kesakitan terus-menerus, tidak sanggup makan, dan tidak sanggup berjalan kecuali memakai kruk.

“Kualitas hidupnya nol. Dia harus meninggalkan sekolah setahun yang lalu, ia kehilangan kontak dengan teman-temannya,” ungkap ibunya, Joanna (45).

Sebagian besar Grace menghabiskan waktunya di kawasan tidur. Grace pun kehilangan 20 kilogram berat badannya semenjak awal didiagnosis lantaran ia hanya bergantung pada masakan yang gampang ditelan, menyerupai yogurt.

Tak ada jalan lain selain operasi, namun mekanisme operasi itu tidak sanggup dilakukan di negaranya. Ia harus terbang ke Eropa atau Amerika Serikat untuk menjalani operasi tersebut. Namun Grace harus mendapat dana sebesar 50 ribu pound sterling atau setara dengan 950 juta rupiah.

“Ini mendesak. Jika ia tidak sanggup menjalani operasi ia akan mati, ia balasannya akan mati lantaran kekurangan gizi,” tandas Joanna.

Simak Juga ‘Idap Penyakit Langka, Wanita Ini Menua dengan Cepat’:

[Gambas:Video 20detik]

Related Articles

Close