Uncategorized

Dokter Sarankan Olahraga Ini Sebelum Berbuka Bagi Penyandang Diabetes

Ilustrasi jalan kaki yang merupakan kegiatan fisik bagi penyandang diabetes. Foto: thinkstock Ilustrasi jalan kaki yang merupakan kegiatan fisik bagi penyandang diabetes. Foto: thinkstock

JakartaPuasa bagi penyandang diabetes mungkin menjadi suatu tantangan tersendiri. Selain mengubah contoh makan dan meminum obat, para penyandang diabetes juga harus menyesuaikan waktu olahraga biar tidak berisiko terkena hipoglikemia maupun hiperglikemia.

Lalu kapan waktu olahraga yang sempurna untuk penyandang diabetes? Menurut andal penyakit dalam Prof Dr dr Sidartawan Soegondo, SpPD, KEMD, FINA, disarankan berolahraga sebelum berbuka puasa, contohnya dengan berjalan kaki atau berenang.

Ia menyebutkan bergotong-royong istilah yang sempurna untuk penyandang diabetes bukan olahraga, namun kegiatan fisik. Rutin melaksanakan kegiatan fisik atau kegiatan jasmani sangat disarankan bagi penyandang diabetes untuk menjaga gula darah tetap stabil.

“Kita jalan, pelan gitu bisa. Banyak yang nganggep nyapu ngepel itu juga (aktivitas fisik), nggak. Aktivitas fisik itu harus berirama, jadi jikalau kita jalan, berenang. Kalau nyapu kan cek cek (nggak tentu) gitu ya, kecuali jikalau pakai lagu. Hahaha,” lanjutnya dikala ditemui di tempat Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).


Ditemui dalam kesempatan yang sama, dr Dwi Oktavia T.L. Handayani, MEpid, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga menyarankan berjalan kaki bagi penyandang diabetes, setidaknya selama 30 menit tanpa terputus.

“(Kecepatan) diadaptasi dengan kemampuan tiap orang. Yang sudah biasa olahraga tentu porsi olahraganya bisa lebih berat. Tapi yang belum biasa, kita berdiri kebiasaannya dulu. Kalau belum bisa 30 menit ya pelan-pelan, seminggu dua kali,” tandasnya.

Related Articles

Close