Uncategorized

Habis Sahur Sudah Lapar Lagi? Ini 5 Kemungkinannya

Ilustrasi lapar meski sudah sahur sebelum puasa Ramadhan. Foto: Istock Ilustrasi lapar meski sudah sahur sebelum puasa Ramadhan. Foto: Istock

Jakarta – Meski sudah sahur sebelum puasa dengan lauk pauk yang berdasarkan kau mengenyangkan, tapi pagi-pagi perut sudah kriukan. Heran kenapa pagi-pagi sudah lapar lagi padahal sudah sahur?

Dikutip dari Bustle, dikala seseorang lapar yang kita pahami kita butuh makanan, meskipun fakta menunjukkan tidak selalu begitu.

“Sebelum kau hingga pada kesimpulan bahwa kau lapar dan perlu makan segera, pikirkan beberapa hal,” kata Abby Sauer, MHR, RD, seorang ilmuwan nutrisi untuk Abbott.

“Kapan terakhir kali kau makan? Bagaimana keadaan sekitarmu? Dengan siapa kau makan? Bagaimana kebiasaan kesehatan yang lain, menyerupai minum air putih atau tidur setidaknya delapan jam semalam, pas? Ada banyak faktor dan rangsangan yang sanggup masuk ke menciptakan kau merasa menyerupai lapar, padahal pada kenyataannya kau mungkin hanya bereaksi terhadap lingkunganmu atau sikap sebelumnya yang kau lakukan.”


1. Kurang tidur

Sauer menyampaikan kurang tidur sanggup mengacaukan hormon seseorang yang mana sanggup memicu rasa lapar.

“Ghrelin, hormon yang memicu nafsu makan, dan leptin, hormon yang membantu kau merasa kenyang, yaitu dua penyebab utama. Ketika hormon-hormon ini berfluktuasi, mereka sanggup menciptakan kau merasa lapar. Atasi itu dengan cukup tidur setiap malam.”

2. Ternyata dehidrasi

Bila kau mengalami sedikit dehidrasi, badan sanggup mengacaukannya dengan rasa lapar. Ingat-ingat, sahur tadi minum berapa gelas?

“Hipotalamus, cuilan dari otak yang mengatur nafsu makan dan kehausan, sanggup menjadi galau dikala kau tidak mempunyai cukup air dan menipumu untuk berpikir kau membutuhkan masakan saja,” kata Sauer.

3. Kamu minum kopi ya?

Apakah kau memulai hari dengan secangkir kopi? Ternyata ini sanggup memicu rasa lapar, loh!

“Minuman berkafein sanggup menekan nafsu makan dalam jangka pendek untuk beberapa orang, menghasilkan perasaan lapar nantinya,” ujar Debra Boutin, MS, RDN, CD.


4. Pasti terlalu banyak masakan olahan

“Makanan olahan meningkatkan kadar gula darah dan kemudian menyebabkannya turun kemudian, menciptakan kau merasa lebih lapar dari sebelumnya,” terang Sauer.

Nah, ini mempunyai imbas besar pada sentra reward atau penghargaan di otak, itulah sebabnya mereka sangat sulit untuk dihindari. Mengganti masakan olahan dengan opsi gandum sanggup membantu memuaskan rasa lapar tanpa menciptakan kau merasa lapar sekitar satu jam kemudian.

5. Jangan-jangan kurang vitamin

Satu studi dari Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa asupan nutrisi yang tidak memadai sanggup berperan dalam hormon yang mengatur lapar. Vitamin A terkait dengan regulasi sel-sel lemak dan hormon-hormon yang dilepaskannya, dan vitamin D berperan dalam pelepasan leptin, hormon yang mengendalikan rasa lapar kita dan berapa banyak lemak yang disimpan dalam tubuh.

Simak Juga “Catat! Tidur Setelah Sahur Itu Bahaya Lho”:

[Gambas:Video 20detik]

Habis Sahur Sudah Lapar Lagi? Ini 5 Kemungkinannya

Related Articles

Close