Uncategorized

Kurma Baik Untuk Kesehatan, Maksimal Makan Berapa Butir Sehari?

Buah kurma yang baik dikonsumsi ketika puasa. Foto: shutterstock Buah kurma yang baik dikonsumsi ketika puasa. Foto: shutterstock

Jakarta – Manfaat kurma untuk kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Namun berapa jumlah buah khas padang pasir sebaiknya dikonsumsi dalam sehari? Apakah dengan makin banyak makan kurma maka manfaat yang diperoleh bisa berlipat?

“Makan kurma ajwa secara khusus atau kurma secara umum 7 butir per hari bisa menghindarkan badan dari segala penyakit. Kelengkapan nutrisi dalam buah ini memberi manfaat luar biasa bagi tubuh,” kata ustaz dr Zaidul Akbar pada detikHealth, Jumat (10/5/2019).


Menurut dr Zaidul kurma sebaiknya dikonsumsi pagi hari. Konsumsi ketika puasa bisa dibagi menjadi 3 butir ketika sahur, buka, dan 1 butir selepas puasa. Dengan manfaat dan kelengkapan nutrisi yang dikandungnya, tradisi makan kurma sebaiknya jangan hanya dilakukan ketika puasa Ramadhan.

dr Zaidul menjelaskan, salah satu kandungan nutrisi dalam kurma ialah serat yang tidak larut tepat (insoluble fiber). Serat ini melewati jalan masuk pencernaan dalam bentuk relatif utuh dan mempercepat perjalanan masakan di usus. Serat ini bisa melancarkan buang air besar (BAB) serta mengurangi risiko sembelit dan diare.

“Kandungan lain ialah pati yang tidak terpecah tepat sampai masuk ke usus besar atau resistant starch. Jenis nutrisi ini bisa memperbaiki problem dalam usus dan pencernaan,” kata dr Zaidul.

Terkait risiko jikalau mengonsumsi lebih dari 7 butir, dr Zaidul mengingatkan biar jangan berlebihan jikalau mengonsumsi masakan atau minuman. Konsumsi secukupnya memungkinkan badan menerima manfaat maksimal daripada makan kurang atau berlebihan.

Related Articles

Close