Travel News

Penyanyi Dangdut Ternama Akan Ramaikan Pasar Wadai Banjarmasin

Foto: shutterstock

Jakarta – Pagelaran Pasar Wadai di lapangan Taman Kamboja Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Sabtu 18 Mei 2019 akan dimeriahkan Fida D Academy. Penyanyi hasil ajang pencarian talenta tersebut akan membawakan beberapa lagu untuk menghibur para pengunjung.

Kehadirannya pada program tersebut menguatkan ekspektasi masyarakat bahwa Pasar Wadai benar-benar menjadi fenomena Ramadhan di Banjarmasin.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telang mendukung program di Pesona bulan ampunan ini. Terutama Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Setelah ibadah salat tarawih silakan hadir ke Pasar Wadai ya. Ini udah jadi atraksi yang menarik untuk wisatawan. Silahkan tiba ya,” ajak Difa dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5/2019).


Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung menyampaikan wadai berarti kue. Sesuai namanya, Pasar Wadai banyak memperlihatkan bermacam-macam jajanan buka puasa. Ada lebih dari 40 jenis camilan manis khas Banjarmasin yang dijajakan.

“Tak hanya memperlihatkan jajanan buka puasa atau bermacam-macam camilan manis favorit, Pasar Wadai juga menyajikan hiburan bagi pengunjung. Ada 4 konten besar yang dihadirkan panitia, yaitu Ngabuburit, Bakunjangan, Jumat Berbagi, dan Weekend Ceria,” ujar Adella.


Ngabuburit berisi program musik religi dan grup band lokal. Ada Parade Seni Budaya, Fashion Show, dan Kultum menjelang berbuka. Sedangkan Bakunjangan merupakan stand kue. Di sini lah puluhan camilan manis khas Banjar dijajakan.

Selain itu ada pula stand promo produk, warung kopi, hingga UMKM. Total ada 150 stand yang disiapkan di program ini. Jumlah itu masih ditambah sekitar 100 lapak pedagang kaki lima.

Untuk konten Jumat Berbagi, ini ialah acara makan bersama anak yatim. Sementara pada konten Weekend Ceria, pengunjung bisa menyebarkan pengetahuan melalui Cooking Class bersama Chef Agus Sasirangan. Pada momen ini digelar juga Lomba Fashion Show, Parade Hadrah, hingga Lomba Lagu Religi.

Lebih lanjut, Kabid Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono menambahkan, hadirnya Fida D Academy diperlukan bisa menarik lebih banyak pengunjung. Secara penampilan, penyanyi asal Gresik, Jawa Timur, ini juga pas dengan suasana Pasar Wadai yang lebih ke religi.

“Pasar Wadai layak didukung dan diapresiasi. Gelaran ini bukan sekadar banyak sekali kemeriahan, tapi ada agresi sosial di dalamnya. Pengunjung pun bisa bersedekah melalui Jumat Berbagi. Kaprikornus momentum ini harus dimanfaatkan,” kata Sapto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menyatakan Pasar Wadai banyak memperlihatkan value terbaik bagi pengunjungnya. Bahkan, panitia memperlihatkan doorprize menarik. Tak tanggung-tanggung, hadiah utamanya paket umrah, sedangkan hadiah hiburan ada bermacam-macam barang elektronik. Semua doorprize akan diundi pada simpulan event.

“Pasar Wadai sangat luar biasa. Atraksinya fantastis dengan nuansa tradisional hingga Islami. Ada juga acara sosial. Hadiahnya menarik. Semua momentum ini jangan hingga terlewatkan. Sebab, ada banyak value yang ditawarkan event ini. Selain ekonomi, Pasar Wadai juga menjadi media pencerah. Enjoy Banjarmasin,” tandas Arief.

Related Articles

Close