Uncategorized

Saran Who Untuk Cegah Pikun: Olahraga Dan Jauhi Rokok

Fungsi otak sanggup menurun seiring bertambahnya usia (Foto: thinkstock) Fungsi otak sanggup menurun seiring bertambahnya usia (Foto: thinkstock)

Jakarta – Demensia yaitu kondisi di mana terjadi penurunan fungsi otak yang menciptakan seseorang kesulitan mengambil keputusan sampai kadang mengubah perilaku. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 50 juta orang dikala ini hidup dengan demensia dan angkanya diprediksi sanggup meningkat sampai tiga kali lipat pada 2050.

Mencegah hal tersebut WHO untuk pertama kalinya mengeluarkan panduan menghadapi demensia. Meningkatkan kegiatan fisik dengan olahraga jadi saran paling atas yang disebut sanggup menghambat demensia berkembang jadi semakin buruk.

Saran berikutnya yaitu berhenti merokok, mulai makan dengan memperhatikan gizi seimbang, kurangi konsumsi alkokohol, serta perbaiki hipertensi dan kolesterol tinggi.

Salah satu peneliti untuk WHO, Neerja Chowdhary, menyampaikan vitamin dan embel-embel tidak terlalu membantu malah cenderung berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

“Meskipun tidak ada pengobatan kuratif untuk demensia, administrasi proaktif dari faktor risiko yang sanggup dimodifikasi sanggup menunda atau memperlambat timbulnya penyakit,” kata Asisten Direktur Umum WHO Ren Minghui ibarat dikutip dari Reuters, Rabu (15/5/2019).

Menurut laporan meski faktor usia diketahui berperan besar, bukan berarti demensia hal alami yang tidak sanggup dihindari oleh lansia.

Related Articles

Close