Uncategorized

Tips Semoga Tetap Sehat, Bugar Dan Produktif Ketika Berpuasa

Puasa buka alasan untuk tidak olahraga (Foto: iStock) Puasa buka alasan untuk tidak olahraga (Foto: iStock)

Jakarta – Berpuasa di bulan Ramadhan yakni rukun Islam ke-3 yang merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Saat berpuasa, kita tidak hanya menerima manfaat secara spiritual tetapi juga secara fisik.

Dalam segi biologis, badan bisa meningkatkan kekebalannya, lantaran selama periode sel badan berada di bawah tekanan yang ringan sehingga badan bisa merespons kemampuannya untuk mengatasi stres dan melawan penyakit.

Tapi banyak orang yang merasa gampang lelah dan lemas ketika berpuasa. Mayoritas mengaku hal tersebut disebabkan lantaran tidak adanya asupan kuliner yang didapatkan di siang hari. Ketika badan lemas, acara harian pun menjadi sedikit terganggu.

Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan biar tetap sehat dikala berpuasa. Berikut tips biar tetap sehat dan produktif yang dibagikan oleh Dirjen Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, Kartini Rustandi, kepada detikHealth:

1. Jaga kesehatan
Seimbangkan antara kuliner dan acara fisik. Nutrisi dikala puasa itu penting. Jangan menghindari karbohidrat lantaran itu salah satu sumber energi.

Saat puasa, badan tetap beraktivitas meski intensitasnya dikurangi. Oleh lantaran itu, badan niscaya butuh tenaga dan energi. Usahakan selalu menjaga gizi seimbang dan cukup minum.

2. jaga makanan
Makan berlebihan atau kurang makan tentu nggak baik. Makara selalu atur porsi makan. Konsumsi vitamin kalau diperlukan.

“Ketika berbuka, jangan kalap. Banyak kuliner yang tidak perlu dimakan juga. Ahirnya sayur dan buah nggak kemakan. Berbuka dan sahur yang secukupnya. Karena terlalu banyak kuliner yang dibuang itu mubazir,” ujar Kartini.

3. Jaga kebugaran
Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Saat puasa, badan tetap memerlukan acara fisik.

Anjurannya 30 menit perhari dengan olahraga intensitas ringan menyerupai jogging atau berjalan cepat. Tentu dikala berolahraga pun harus paham dengan kondisi tubuh. Ketika sudah lelah, jangan dipaksakan melanjutkan olahraga.

4. Seimbang waktu kerja, ibadah dan istirahat
Puasa tidak berarti kerjaan makin berkurang, bisa jadi sebaliknya. Maka dari itu, kita harus bisa menyiasati dengan bekerja cerdas. Bekerja cerdas berarti mengurangi kegiatan yang tidak perlu sehingga lebih efektif dan efisien dikala bekerja.

Bekerja secara efisien akan besar lengan berkuasa juga pada ibadah. Karena ketika tidak disiasati waktu kerjanya, ditakutkan tidak bisa mengikuti sholat tarawih di masjid.

Related Articles

Close