Security

Wifi Gratisan Yang Membahayakan

(ilustrasi/Getty Images)(ilustrasi/Getty Images)

Jakarta – Tingginya biaya data roaming perangkat seluler mendorong para penikmat Piala Dunia yang berkunjung ke Brasil lebih menentukan memakai kanal WiFi gratis dengan menghiraukan keamanannya.

Meski sepele, tindakan ini sangat berisiko. Para penjahat cyber menyasar mereka untuk ‘memanen’ data dari jaringan WiFi publik. Informasi menyerupai password, PIN, dan data sensitif lainnya sanggup jatuh ke tangan mereka.

Pakar dari perusahaan keamanan Kaspersky Lab melaksanakan penelitian terhadap kanal WiFi publik di Sao Paulo, daerah berlansungnya turnamen akbar tersebut.

Mereka berkendara 100 km keliling kota Sao Paulo dan mengecek lebih dari 5.000 titik kanal yang terkenal di kalangan turis menyerupai taman-taman, mal, bandara, dan banyak sekali daerah keramaian lainnya.

Hasilnya cukup mencengangkan. Seperti dikutip dari hasil riset Kaspersky, Rabu (18/6/2014), sebanyak 26% dari 5.000 jaringan WiFi publik di Sao Paulo tidak memakai pengenkripsian apapun.

Melihat hasil di atas, pakar keamanan Kaspersky Lab pun menunjukkan sejumlah rekomendasi bagi mereka yang berwisata ke Sao Paulo sekaligus menikmati Piala Dunia 2014. Berikut sejumlah rekomendasi yang disarankan.

  • Gunakan selalu koneksi VPN untuk mengakses jaringan Wi-Fi apapun. Jika tidak mempunyai koneksi VPN, usahakan mendapatkannya kemudian instal koneksi VPN tersebut ke seluruh perangkat menyerupai smartphone, tablet, laptop, dan lain-lain
  • Jika jaringan WiFi memblokir VPN, jangan gunakan jaringan tersebut. Jika terpaksa harus menggunakannya, lebih baik gunakan internet melalui TOR Browser bersamaan dengan seting DNSCrypt pribadi ke perangkat
  • Jika mempunyai Access Point, periksa apakah firmware Anda ialah yang paling baru. Jika tidak, segera update firmware
  • Jangan biarkan Access Point Anda dalam seting bawaan vendor (default setting). Ubah pengaturan tersebut dan gunakan password gres yang lebih rumit
  • Periksa enkripsi yang dimiliki Access Point Anda ketika ini. Jika enkripsinya ialah WPA atau WEP, ubahlah ke WPA2 dengan setingan AES. Non-aktifkan broadcasting SSID dan pastikan Anda mempunyai password jaringan yang kuat
  • Jika di daerah Anda berada tidak ada jaringan yang benar-benar aman, bersabarlah semoga tidak terburu-buru memposting gambar atau gosip lainnya. Tunggu sampai Anda sanggup mendapat jaringan yang kondusif untuk bekerja.

Bagi sebagian pengguna mungkin sedikit ribet, namun tidak ada ruginya dicoba demi keamanan koneksi Anda. Tips keamanan ini berlaku tak hanya di ajang Piala Dunia, sebab bahaya cyber ada di mana-mana.

Related Articles

Close